Monday 10 December 2012

AMAN dan IDEAL MENYIMPAN TABUNG GAS LPG

  • Buat lubang ventilasi

    Kebocoran mikro bisa terjadi karna klep dan kualitas karet menurun dan rusak akibat umur atau gangguan binatang pengerat seperti tikus. Tekanan udara akibat perubahan cuaca bisa juga mempengaruhi suhudi dalam ruang penyimpanan.

    Buatlah ventilasi di bawah pintu penutup kabinet penyimpanan tabung gas, lubang ini akan mengalirkan gas yang akan menjalar di bawah udara, sehingga dapat terdeteksi bila terjadi kebocoran, lubang juga menjaga tekanan agar tetap relatif sama.

    Sebaiknya lubang ventilasi di lapisi oleh bahan yang tidak mudah terbakar seperti keramik atau semen agar resiko kebakaran bisa dihindari.
  • Tempatkan pada jarak ideal

    Jarak teraman untuk menyimpan tabung gas adalah 2 meter dari kompor dalam kondisi terbuka. Jika tabung disimpan dalam kondisi tertutup, jaraknya cukup 1 meter dari posisi kompor, hal ini dimaksudkan agar saat terjadi kondisi bocor yang parah, aliran gas tidak langsung mengenai panas kompor. Kita masih punya waktu untuk melakukan penyelamatan.
  • Jauhi dari sinar matahari langsung

    Sinar matahari mengandung radiasi infra merah yang menyebabkan panas pada tabung. Hindari meletakkan tabung gas di teras atau ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

    Kondisi panas berlebihan dapat membuat gas terbakar. Jika 1gr gas cair bisa menghasilkan 0,5L gas, bayangkan bila tabung berisi lebih dari dari 1kg gas.

0 komentar: